Furniture Kantor

Furniture Kantor - Contoh Peralatan Kantor dan Perlengkapan Kantor


Sebelum saya menguraikan beberapa contoh Peralatan Kantor dan perlengkapan kantor saya ingin mengajukan pertanyaan kepada anda, menurut anda, apakah pulpen, pensil, dan kertas merupakan peralatan kantor? Jika bukan, lalu yang bagaimanakah yang dapat dikategorikan sebagai peralatan kantor?
Dalam ilmu Ekonomi khususnya akuntansi, ternyata berbeda dengan perlengkapan. Nah, untuk lebis jelasnya mari kita simak uraian berikut ini.
Pengertian Perlatan dan Perlengkapan Kantor
Pengertian Kantor
Sebelum menjelaskan tentang pengertian peralatan dan perlengkapan kantor, ada baiknya jika kitapun memahami perngertian kantor. Beberapa ahli ekonomi mendefinisikan kantor sebagai berikut :

1. Berdasarkan makna etimologis
Kata kantor berasal dari bahasa Belanda yang artinya " kantoor" atau ruang tempat melakukan kerja, ruang tempat kedudukan pimpinan, jabatan, instansi, dan sebagainya.Dalam bahasa Inggris kantor diistilahkan dengan office artinya suatu tempat untuk memberikan pelayanan atau service, posisi, atau ruangan tempat bekerja.
2. Kantor dalam arti dinamis
Dalam pemngertian dinamis, kantor dapat diartikan sebagai suatu tempat diselenggarakannya suatu kegiatan pengumpulan, pencatatan, pengoahan, dan penyampaian data-data atau informasi.
3. Kantor dalam arti statis
Dalam pengertian statis kantor diartikan sebagai suatu ruangan, kamar kerja, markas, biro lembaga, instansi, jawatan, dan lain-lain untuk melakukan suatu kegiatan pengumpulan, pencatatan, pengolahan atau tempat apapun yang mungkin diberikan.
4. Prajudi Atmosudirjo
Prajudi Atmosudirjo mendefinisikan kantor sebagai suatu unit organisasi yang terdiri atas tempat, staf personalia dan operasi kegiatan ketatausahaan untuk membantu tugas pimpinan.
5. Moekijat
Moekijat mendefinisikan kantor sebagai setiap tempat yang biasanya dipergunakan untuk melakukan kegiatan usaha, dengan nama, atau tempat apapun yang mungkin diberikan.
6. Kamus besar Bahasa Indonesia
Definisi kantor dapat kita jumpai dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah balai atau gedung, rumah, ruang tempat mengurus suatu pekerjaan atau juga disebut sebagai tempat kerja.
7. Kesimpulan
Berdasarkan beberapa pengertian diatas, penulis dapat menyimpulkan pengertian kantor sebagai berikut : Kantor merupakan suatu tempat atau ruangan yang digunakan oleh orang atau badan untuk melakukan kegiatan usaha atau administrasi.

Pengertian Peralatan Kantor
Peralatan Kantor dapat didefinisikan sebagai barang-barang yang dapat digunakan dalam jangka waktu yang relatif lama dan mengalami penyusutan. Peralatan sangat identik dengan benda-benda yang besar dan berat, memerlukan perawatan yang khusus, serta berharga mahal. namun secara umum harga-harga peralatan kantor memang mahal.
Setiap kantor dapat memiliki peralatan kantor yang berbeda disesuaikan dengan jenis usaha masing-masing, meskipun ada beberapa peralatan kantor ynag harus mutlak dimilki oleh perkantoran. Beberapa cintoh peralatan kantor yang harus dimiliki oleh perkantoran diantaranya :
1. Meja dan Kursi Kantor


Yang dimaksud Meja dan Kursi disini adalah meja dan kursi yang digunakan oleh pimpinan dan para karyawan untuk melakukan operasional perkantoran. Meja dan Kursi sangat diperlukan oleh para karyawan yang secara umum beraktivitas didalam ruangan, seperti sekretaris, bendahara, dan bagian personalia dan pimpinan perusahaan.

2. Lemari Arsip


Setiap perkantoran tentunya mempunyai arsip walaupun kapasitas yang tidak terlalu banyak. Setidaknya surat-surat masuk dan keluar. Tentunya kita tidak dapat membayangkan apabila surat-surat tersebut hanya disimpan didalam map diatas meja atau di dalam laci. Kerta merupakan benda yang tidak bertahan lama mudah rusak atau lapuk. Jadi alangkah sangat baik jika setiap perkantoran mempunyai Lemari Arsip untuk menyimpan arsip-arsip yang sangat berharga bagi suatu perusahaan.

3.Komputer dan Printe
Seiring dengan kemajuan zaman, di mana berbagai peralatan tekhnologi canggih ditemukan. Sesuai dengan tujuannya, berbagai peralatan canggih diciptakan dengan tujuan untuk memudahkan pekerjaan manusia. Salah satunya adalah komputer.
Komputer merupakan peralatan elektronik yang tidak hanya mempunyai kemampuan untuk mengolah kata seperti pengetikan, mengolah data seperti perhitungan, membuat tabel dan grafik, membuat gambar, design, dan lain-lain. Komputer juga mempunyai fungsi pengarsipan untuk mengamankan berbagai dokumen-dokumen penting. Shingga dengan adanya komputer, dapat dilakukan penghematan dan pengefesienan berbagai aktivitas perkantoran.
Bagi sebuah perkantoran, mempunyai komputer saja tidak cukup apabila tidak disertai dengan printer. Printer merupakan alat yang diperlukan untuk mencetak berbagai dokumen atau beberapa hasil pekerjaan kita yang dibuat dengan menggunakan komputer. Sebuah perkantoran yang hanya tidak mempunyai printer akan mendapat kesulitan ketika harus mencetak beberapa dokumen penting dengan cepat dan mendesak. Oleh karena itu kebutuhan terhadap printer merupakan kebutuhan yang sangat penting.

4.Mesin Tik
Keprluan terhadap mesin tik berhubungan erat dengan kegiatan administrasi atau surat-menyurat. Kantor-kantor yang sudah modern umumnya sudah tidak lagi menggunakan mesin tik karena fungsinya sudah digantikan oleh komputer. Meskipun demikian, bagi kantor-kantor yang ruang lingkup kerjanya belum begitu besar serta terdapat didaerah umumnya kebutuhan terhadap mesin tik masih sangat diperlukan.

Pengertian Perlengkapan Kantor

Perlengkapan kantor dapat diartikan sebagai segala sesuatu yang dibutuhkan untuk melengkapai peralatan. Perlengkapan kantor identik dengan barang-barang yang lebih kecil, cepat habis, sering digunakan, harganya tidak terlalu mahal, dan mudah diperbaiki ketika terjadi kerusakan. Beberapa contoh perlengkapan kantor diantaranya kertas, pulpen, pensil, penjepit kertas, tinta printer, map, taplak meja, kalender, dan lain-lain.
Umumnya, setiap perkantoran hampir mempunyai kesamaan dalam hal kebutuhan terhadap perlengkapan kantor. Perlengkapan kantor, walaupun bentuknya kei;, namun memiliki fungsi yang sangat penting. Untuk Lebih jelasnya mari kita simak uraian berikut.
Seorang sekretaris akan sangat memerlukan kertas untuk melakukan kegiatan surat-menyurat atau mencetak dokumen-dokumen penting lainnya. Berbagai dokumen yang telah di input ke dalam komputer tidak akan ada gunanya apabila harus segera dicetak tanpa adanya kertas. Begitu juga dengan ketersediaan tinta printer. Apabila tinta printernya kosong atau habis maka dokumen-dokumen yang siap cetak pun tidak akan jadi dicetak sehingga menyebabkan terbengkalainya tugas-tugas perkantoran.
Begitu juga dengan map, map dapat digunakan untuk menyimpan dokumen-dokumen penting dalam bentk kertas, atau pun untuk mengajukan proposal. Seseorang yang mengajukan proposal tanpa dimasukan ke dalam map, akan memberi kesan kurang sopan.
Sebenarnya masih banyak pcontoh peralatan kantor dan perlengkapan kantor lainnya, namun setidaknya dengan adanya artikel ini, diharapkan kita memahami dan mengerti adanya perbedaan antara peralatan kantor dengan perlengkapan kantor.

Related product you might see:

Share this product :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Toko Furniture Kantor - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger