Meja Dan Kursi - Fungsi Meja




Meja dan Kursi merupakan peralatan rumah tangga dan kantor yang sangat penting. Meja adalah sebuah kebutuhan yang tanpa disadari sudah lama ada. Mungkin kebutuhan akan meja hampir sejalan dengan kebutuhan akan kursi. Dalam segi bahasa, meja dan kursi selalu berjalan beriringan. Begitupun kegunaannya, tetap saja keduanya disandingkan.
Dahulu, dixaman purba ataupun zaman yang lebih lampau lagi, orang-orang menggunakan meja dari bekas potongan batang pohon. Selain meja, potongan dari pohon itu juga bisa menjadi kursi. Menarik bukan?
Namun, Belakangan ilmupun berkembang. Posisi meja dan kursi beralih rupa. Orang-orang yang lebih modern mengembangkan kursi yang disesuaikan dengan bentuk tubuh manusia. Lantas, bagaimana dengan meja?
Walaupun meja divariasikan bentuknya, bentuk dasarnya tidak akan benar-benar berubah secara drastis. Taruhlah kemudian muncul variasi meja berbentuk bundar, namun tetap saja permukaan meja akan secara rata.

Meja dan fungsinya
Tahukan anda akan istilah meja bundar?
Istilah tersebut diambil dari kisah tentang Ksatria Templar di Inggris. Meja bundar diibaratkan sebagai bentuk demokrasi dan melambangkan suatu pertemuan besar atau rapat.
Entah mengapa sejak itu bentuk meja untuk rapat berbentuk bundar. Kalaupun tidak bundar, ujung meja tidak dibuat lancip. Seolah-olah untuk melambangkan kisah Meja Bundar.
Selain itu, fungsi meja pun mulai banyak. Sebut saja fungsi meja untuk meeting. Fungsinya tentu untuk tempat pertemuan besar atau rapat.
Ada juga meja kantor/kerja, biasanya di meja ini hanya ada ceceran kerta, pena, dan alat-alat kerja. Meja seperti ini mudah sekali ditemukan di berbagai tempat pekerjaan atau kantor, mulai karyawan, guru, hingga satpam.
Meja juga dijadikan sebagai tempat hiasan, seperti tempat meletakan jambangan bunga. Ada juga meja yang digunakan khusus hanya untuk menaruh televisi.
Fungsi meja demikian banyak dan selalu ada hal baru yang bisa dilakukan meja. Bahkan, kalau kepepet, anda bisa menjadikan meja sebagai tempat duduk sementara.

Istilah Meja


Anda pasti telah mendengar istilah "meja hijau". Istilah ini mengacu pada pengadilan. namun, mengapa harus disebut meja hijau. Ternyata, di pengadilan meja yang digunakan dilapisi dengan kain warna hijau, maka jadilah meja hijau.
Oleh sebab itu, masyarakat pun mulai menggunakan bahasa konotasi lain untuk menggambarkan tempat pengadilan.
Ada juga istilah meja gambar. Meja ini memang mengacu pada bentuk meja sebagai tempat menaruh sesuatu, namun meja gambar dibuat dengan desain berbeda. Bentuk permukaannya mirip hampir 120 derajat. Kemiringan itu fungsinya agar orang yang tengah mengerjakan gambar tidak kesulitan untuk membungkuk.
Posisi meja yang tinggi dan miring justru memudahkan seseorang untuk meletakan kertas dan meggambar dengan posisi berdiri tanpa tanpa takut akan sakit pinggang.
Ternyata, fungsi meja benar-benar bermacam-macam, mulai istilah sampai kegunaan dan bentuk yang berbeda.

CARA MERAWAT MEJA

Setelah mengetahui fungsi meja, meja, adalah menjadi tugas kita untuk menjaganya. Nah, apakah anda ingin tahi cara mmenjaganya?
1. Jangan Letakkan Meja di Tempat yang Lembab
Agar meja yang terbuat dari kayu menjadi awet, jangan lah meletakannya ditempat yang lembab. Meski kerusakan meja tak tampak saat itu juga, namun perlahan-lahan kayu akan lapuk dan bisa cepat rusak. Karena itu, perhatikanlah tempat yang tepat untuk menaruhnya.
2.Waspadailah Jamur dan Rayap
Jamur dan rayap juga bisa menyebabkan meja kayu menjadi cepat rusak. Usahakanlah selalu agar meja kantor selalu di lapdengan menggunakan lap kering. Jika perlu setiap hari di lap meski tak nampak kotor. Kebanyakan orang malas menge-lap meja kantornya karena alasan malas dan alasan lainnya. Padahal jamur dan rayap menyerang meja kantor sampai ke kaki meja, maka dari itu  hendaklah menge-lap meja dangan lap kering setiap hari.
3. Berilah Alas Pada Meja Kantor
Agar meja tahan lama, jangan terjadi kontak langsung antara benda panas atau tempat makanan yang panas dengan meja. Karena panasnya alat tersebut bisa menimbulkan bekas dan membuat meja pun menjadi tidak kokoh. Hendaklah dilapisi dengan pelapis-pelapis tempat makanan yang dijual di pasar atau supermarket.
4. Gunakan Penutup Makanan
Agar meja kantor tidak sering didatangi semut atau jenis serangga lainnya, gunakanlah penutup meja. Baik itu menggunakan kain Meja atau pun penutup lainnya yang berfungsi untuk menutupi meja yang terhindar dari serangan serangga atau semut.

Sekilas Tentang Meja Kayu

Meja kayu adalah salah satu produk olahan kayu yang memiliki fungsi estetik dan guna pakai. Meja kayu adalah meja yang memiliki banyak fungsi. Meja kayu ada yang dibuat khusus untuk meja kantor, meja makan, meja belajar dan lain-lain. Meja kayu sudah tidak di ragukan lagi fungsi dan kualitasnya.
Bahan kayu akan menentukan berat massa kayu tersebut. kayu jati tentunya memiliki berat massa yang lebih besar dibandingkan dengan jenis kayu yang lain. Meski demikian, bukan berarti meja kayu jenis kayu yang lain tidak bagus. Semuanya tergantung pada perawatannya. Jika ditanya kekokohan, memang diakui bahwa meja kayu jati lebih kokoh dibanding dengan jenis kayu lainnya.

Dalam membeli sebuah meja tentunya kita terlebih dahulu mengukur ruangan untuk tempatnya. Karena itu, sebelum anda membeli, ukurlah dahulu ruangannya. Yakinlah kepintaran anda dalam memilih meja terletak pada kepintaran anda mengukur ruang tempat atau posisi meja tersebut.

Semoga artikel yang membahas tentang meja dan kursi, lalu penulis fokuskan pada fungsi meja. semoga bermanfaat bagi para sobat.

Related product you might see:

Share this product :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Toko Furniture Kantor - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger