Macam Meja Kantor

 Ragam Macam Meja Kantor


Anda tentu sering melakukan aktifitas yang sesekali menharuskan anda untuk mendatangi suatu kantor atau instansi, Ke Bank, Kantor Pos, tempat praktik dokter ataupun sekolah anak misalnya. Pada tempat-tempat tersebut anda pasti pernah bahkan sering meliha meja kantor. Meski sesederhana apapun meja yang anda lihat, pasti akan selalu ada dan sangat dibutuhkan.

Ragam Meja

Meja sangat dibutuhkan di manapun. Itulah mengapa ada banyak macam meja. Ada Meja Kantor yang didesain khusus sebagai tempat menyimpan komputer atau barang kantor lainnya. Meja kantor ini biasanya dibuat persegi panjang, bujur sangkar, atau bulat sesuai dengan tempat diletakan.

Meja Belajar yang digunakan untuk melakukan semua aktivitas yang berkaitan dengan belajar. Meja belajar ini biasanya berbentuk persegi panjang tetapi tidak terlalu lebar. Hal ini agar memudahkan untuk menuls atau mengetik. Tidak jarang juga meja belajar ini mempunyai desain yang unik dengan letak buku tersembunyi agar tempat penyimpanan buku itu bisa digunakan sebagai kursi yang diletakan disudut kamar. Inilah salah satu siasat agar kamar yang tidak terlalu besar terlihat asri dan cantik walaupun sebenarnya banyak barang yang tersembunyi.

Meja kerja adalah salah satu meja yang harus ada di satu rumah yang penghuninya sering melakukan pekerjaan kantor di rumah atau karena penghuni rumah itu berkantor di rumah. Memang tidak semua senang melakukan pekerjaannya diatas kasur didekat jendela yang menghadap ke taman belakang rumahnya. Semilir angin dari jendela seolah menambah gairah untuk menyelesaikan pekerjaannya. bagi para pekerja seni, seperti arsitek, penulis, perancang busana, suasana sangat penting untuk menunjang karya dan kreasi mereka.

FUNGSI MEJA KANTOR

Selain beberapa jenis meja yang telah disebutkan, ada lagi meja yang sangat penting daam kehidupan manusia sehari-hari. Meja itu adalah meja yang dipakai dikantor. Meja yang ada di kantor ini bisa sangat besar dan sangat panjang karena memang diperuntukan bagi begitu banayk karyawan sekaligus sebagai meja meeting. Meja yang ada dikantor juga bisa berbentuk kecildan diletakan secara berderet sejumlah karyawan yang ada di ruangan itu.
Ada juga meja yang dikantor cukup besar. Meja sepeerti ini biasanya da diruangan direktur. Meja tersebut dibuat besar dengan kursi yang khusus agar memberikan kesan berwibawa. Meja satu ini terbuat dari kayu yang bermutu. Kalaupun tidak terbuat dari kayu, biasanya tetap dari bahan yang bagus. Bagi para direktur berusia muda, mereka tak mau mempunyai meja yang besar bagai para direktur zaman dahulu. Mereka lebih dinamis dan menginginkan meja yang dinamis juga. Meja yang berdesain modern dan lebih futuristik. Kursinya pun tidak besar dan mewah. Mereka lebih menginginkan kursi yang membuat duduk nyaman. Kursi yang ergonomis. Kursi seperti ini terkesan sederhana tetapi harganya bisa lebih mahal dari kursi yang terkesan mewah itu. Karena dari pembuatannya yang istimewa.
Dalam praktiknya meja kantor selain mempunyai fungsi-fungsi umum sebagai tempat meletakan peralatan tulis dan kantor, juga memiliki fungsi lain sebagai pengisi interior ruangan serta penunjuk kelas dan status sosial. Kantor-kantor besar dengan bisnis yang cukup bonafid, biasanya mempunyai meja yang cukup wah dan terlihat sangat serasi dengan interior yang dirancang khusus.
Diantara fungsi umu meja yamg ada di kantor adalah itu pertama, sebagai tempat meletakkan komputer. Kedua, tempat meletakan ATK. Ketiga, tempat menerima tamu atau klien. Keempat, tempat meletakan buku serta catatan. Kelima, laci meja sebagai tempat menyimpan barang kerja yang dibutuhkan. Untuk meja-meja khusus, biasanya dibuat desain yang khusus juga. Rancangan meja yang khusus ini selain sebagai bentuk pemberian kenyamanan kerja, juga agar kerja yang dilakuakan lebih cepat selesai karena tidak terganggu oleh barang-barang lain yang ada di meja.
Sedangkan fungsi khusus meja kantor, diantaranya adalah  Pertama, penunjuk kelas dan status sosial, dengan penggunaan meja yang berbeda dan bahan pembuat meja yang berbeda-beda anda pun akan langsung dapat langsung  mencirikan apa statis sosial, jabatan atau posisi si pemakai meja. Untuk hal seperti ini, sepertinya semua orang dikantor telah mengetahuinya. Ini juga sebagai satu penghargaan kepada orang-orang yang telah dipromosikan ke jabatan yang lebih tinggi. Hal ini bisa juga dijadikan sebagai satu motivasi agar karyawan yang lain mau berusaha sekuat tenaga agar bisa duduk di belakang meja yeng lebih bagus.
Kedua, tempat memajang jargon perusahaan. Semisal barang pernak-pernik yang membuat logo perusahaan, seperti kalender meja, pen holer, wadah permen mungil, pisau pembuka amplop surat, dan laion sebagainya.
Ketiga, pengisi interior ruang. Dalam mengeksplorasi fungsi khusus yang satu ini kadang kala sampai membutuhkan bantuan seorang akhli interior untuk menata peletakan, pemilihan meja serta modelnya, background meja, benda-benda pendamping meja kantor-seperti pot bunga, lukisan ataupun kursi yang digunakan.

Bahan Pembuat Meja Kantor

Bahan pembuat meja kantor yang ada di kantor menggunkan bahan yeng berbeda. Sudah tentu bahan dasarnya untuk membuat kerangka biasanya berasal dari kayu solid, metal seperti besi atau aluminium, ataupun dari plastik dan rotan. Sedangkan bahan pelapis meja kantor bisa terdiri atas papan multipleks, fiberboard, bahan MDF ( Medium Density Fiberboard ) serta blockboard.

Jenis meja yang ada di kantor

PEnempatan serta penggunaan meja yang ada di kantor dpat disesuaikan dengan jenis dari meja kantor itu sendiri. Ada meja yang ada di kantor yangyang dibuat mengacu pada desain minimalis, desain tradisional, ataupun konsep standar serta desain konvensional.
Jenis-jenis meja yang ada di kantor tersebut tinggal disesuaikan penggunaannya dengan konsep ruang yang melatari. Semisal kantor yang bergerak dalam bidang art design-maka meja yang ada di kantor yang digunakan harus bertema lebih unik dan bernilai kreativitas tinggi.
Sedangkan kantor yang bersifat resmi dan formal, seperti kantor pejabat ataupun kantor ticketing pesawat, mugkin memerlukan meja kantor yang agak resmi. Model dan desain yang minimalis terasa lebih cocok mengisi kantor seperti ini. Sedangkan ruang praktik dokter, atau kantor seorang dekan cukup memerlukan meja kantor konvensional dengan konsep standar namun multi fungsi.

Tips Perawatan Meja yang ada di Kantor

Dalam prakteknya sebuah meja yang ada dikantor memiliki tugas dan beban yang berat. Karena sebagai benda pendukung aktivitas kerja anda, tampilan meja yang ada di kantor akan menunjukan karakter si pemilik atau pemakai meja. Karena itu ada baiknya anda pun harus mengetahui tips-tips cantik perwatan meja kantor yang anda miliki. Berikut ini dapat anda simak informasinya :
*Jangan melap meja kantor dengan lap basah, tapi cukup gunakan lap lembab saja
*Gunakan lap dengan permukaan lembut supaya tidak menimbulkan goresan pada [ermukaan meja kantor
*Apabila meja kantor kotor oleh debu saja, cukup gunakan kemoceng untuk membersihkan debunya
*Apabila bermaksud memindahkan letak meja kantor, sebaiknya diangkat-jangan menggesernya, karena akan membuat meerutama pada sambungan-sambungannya.

 Cara Tepat Memilih Meja Kantor

Efisienkan Meja Kantor Anda
A[akah Anda sedang mencari kantor untuk usaha? Jika iya, jangan hanya fokuskan perhatian anda pada desain ruang saja. Perhatikan juga perabot yang akan digunakan, terutama adalah Meja Kantor. Karena di meja tersebutlah anda akan pagi hingga sore hari, seperti yang tepat, maka fungsi parabot tersebut akan lebih efisien.

Mencari Meja Kantor

Berikut adalah petunjuk bagaimana memilih meja kantor yang tepat untuk anda.

1. Dafatr fungsi meja kantor yang diperlukan
Buatlah sebuah daftar mengenai fungsi-fungsi meja yang anda butuhkan. Tentukan apakah anda memerlukan meja untuk komputer atau untuk menulis. Catat juga apakah meja kantor anda perlu untuk menaruh alat-alat seperti printer, telepon, buku-buku referensi, mesin fak atau tidak. Dari daftar fungsi tersebut akan mempengaruhi meja yang perlu anda beli.

2. Pilih bahan meja yang sesuai dengan dekorasi ruang
Meja kantor yang terbuat dari jenis logam akan mengesankan gaya yang kontemporer. Untuk gaya yang klasik, anda bisa memilih dari jenis kayu. Tapi apabila anggaran anda terbatas, pilihlah meja dari bahan plastik. Pilihlah bahan plastik yang elegan dan tidak goyah.

3. Pilih meja yang bisa dilipat
Mungkin ini akan membutuhkan biaya lebih. Tapi meja kantor yang bisa dilipat akan lebih menguntungkan apabila knantor anda sesekali memerlukan ruang yang longgar untuk suatu kepentingan. Jika waktu datang, meja-meja tersebut bisa dilipat dan dipinggirkan.

4. Taruh meja ditempat yang sesuai
Setelah meja dibeli, selanjutnya adalah meletakan meja tersebut diruang kantor anda. Sesuaikan dengan dekorasi ruang. Jika ruangan kecil, meja bisa diletakan di di sudut dan digunakan sebagai meja sekretaris. Meja sekretaris biasanya membutuhkan tempat menulis dan beberapa laci untuk menyimpan arsip-arsip.
Bila ruangan besar, anda bisa bisa menyusun meja dengan bentuk L. Desain nini sangat populer karena dianggap hemat penggunaan ruang dan lebih memberi tempat untuk perabot penyimpanan seperti lemari. Desain L menyediakan satu tempat khusus untuk bekerja diatas meja dan satu tempat lagi untuk tugas-tugas lain.
Nah, semoga anda bisa memiliki meja kantor yang berfungsi optimal sekaligus efisien.

Related product you might see:

Share this product :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Toko Furniture Kantor - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger